10 Makanan Khas Korea Selatan, dari yang Lezat Sampai yang Bisa Bikin Anda Geli

Korea Selatan merupakan salah satu dari sekian banyaknya negara yang indah dan membuat para pelancong atau traveller ingin sekali pergi ke sana. Wajar saja, karena memang Korea Selatan memiliki banyak tempat-tempat menarik nan indah.

Tidak hanya untuk di kagumi dan dilihat dengan mata, tempat-tempat indah di Korea Selatan itu juga bisa kita jadikan sebagai spot foto yang tentunya sangat instagramable. Buat sahabat yang ingin mengetahui tempat-tempat wisata menarik di Korea Selatan, silahkan baca artikel Inilah 4 Tempat Wisata Paling Romantis di Korea Selatan.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik untuk dijadikan tempat bersantai dan berfoto, Korea Selatan juga memilki makanan khas yang bisa bikin kita penasaran loh. Apa sajakah makanan khas asal negeri ginseng itu? Silahkan simak berikut ini.

1. Kimchi


Sumber gambar : splendidtable.org


Sahabat yang sering menonton drama korea pasti sudah tidak asing lagi kan dengan makanan yang satu ini?. Kimchi merupakan makanan khas Korea Selatan yang terdiri dari sayuran yang di fermentasi dan diberi bumbu. Rasa dari kimchi itu sendiri biasanya pedas dan asam.

Sawi dan lobak merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan kimchi. Bumbu dari kimchi itu sendiri terbuat dari udang kriil, kecap ikan, bubuk cabai merah, dan juga bawang putih. Biasanya kimchi selalu di hidangkan saat waktu-waktu makan warga Korea Selatan.

Jadi, kalau makan tanpa kimchi itu ibarat sayur tanpa garam deh hehehe.

2. Bulgogi


Sumber gambar : bonappetit.com


Di Jepang ada yakiniku kalau di Korea adanya Bulgogi. Baik yakiniku dan bulgogi sekilas memang terlihat cukup mirip ya sahabat. Tetapi bumbu yang dibuat untuk bulgogi itu memiliki cita rasa yang lebih manis.

Bulgogi merupakan makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari olahan daging. Daging yang di gunakan untuk membuat bulgogi itu adalah daging sirloin atau daging sapi pilihan. Sementara itu bahan-bahan pembuat bumbu bulgogi itu antara lain kecap asin, gula, dan beberapa rempah lainnya.

Sahabat korsel tahu tentang bulgogi ini atau tidak?. Kalau saya sendiri sih jujur saja pertama kali tahu tentang bulgogi itu ya dari rasa yang ada pada mi instan.

3. Jajangmyeon


Sumber gambar : eastmeetskitchen.com


Buat sahabat korsel yang suka dengan mi, sahabat harus mencoba makanan khas Korea yang satu ini nih, namanya adalah jajangmyeon. Yap memang agak susah di sebut sih, tetapi kalau soal rasa sih pasti bisa bikin sahabat nyengir deh.

Jajangmyeon merupakan mi tebal yang terbuat dari tepung gandum dan di campur dengan saus pasta yang terbuat dari kedelai hitam. Bukan Malika ya. Biasanya orang Korea pun suka mencampur beberapa bahan lain ke dalam saus kedelai hitam tersebut untuk menambah cita rasa tentunya. Daging dan cumi merupakan beberapa bahan makanan yang di campur ke saus tersebut.

Bisa di bilang jajangmyeon juga merupakan mi khas Korea untuk para jomblo loh. Kenapa begitu? Jadi di Korea Selatan itu terdapat tiga hari spesial untuk merayakan percintaan dan pertemanan baik. Hari spesial itu adalah Hari Valentine, White Day, dan juga Black Day.

Kalau soal Valentine sobat pasti sudah tahu lah ya dan White Day juga hampir mirip, hanya saja White Day itu sendiri di rayakan pada tanggal 14 Maret. Nah, kalau Black Day adalah hari bagi para jomblowan dan jomblowati yang jatuh pada tanggal 14 April.

Biasanya orang Korea yang merayakan Black Day akan mengenakan pakaian serba hitam dan mereka akan mengonsumsi jajangmyeon. Jadi, bisa dibilang ya jajangmyeon merupakan makanan bagi para orang lajang ketika Black Day.

4. Japchae


Sumber gambar : justonecookbook.com


Makanan khas asal Korea Selatan yang selanjutnya adalah japchae. Japchae itu sendiri terlihat seperti bihun goreng. Japchae adalah soun Korea yang terbuat dari kentang, wahh pasti bakal ngenyangin ya hehehe.

Biasanya japchae di hidangkan dengan beberapa irisan sayuran dan daging yang tentunya membuat rasa dan teksturnya menjadi beraneka ragam dan nikmat. Buat sobat yang berencana ke Korea Selatan cobain deh makanan yang satu ini.

5. Kongnamul


Sumber gambar : aromasian.com


Kongnamul merupakan makanan khas Korea Selatan dan termasuk banchan atau makanan pendamping. Kongnamul itu sendiri adalah kecambah kedelai atau tauge yang di rebus lalu di keringkan. Setelah di keringkan, kecambah atau tauge itu akan di beri bumbu seperti kecap, minyak wijen, biji wijen, bawang putih, bubuk cabai, dan daun bawang cincang.

6. Samyang


Sumber gambar : says.com


Saya yakin sahabat korsel sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Korea yang satu ini, ya apalagi kalau bukan samyang. 

Samyang adalah mi instan asal Korea Selatan yang sangat terkenal akan rasa pedasnya yang dapat membuat bibir kita memerah. Banyak youtuber asal Indonesia yang membuat konten tantangan memakan samyang ini, itu karena memang rasa pedasnya yang luar biasa.

Meskipun memiliki rasa yang sangat pedas, samyang cukup di gemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Belum lagi porsinya yang cukup besar membuat penikmat mi akan merasa sangat puas setelah memakannya. Jika sahabat ingin memakan mi samyang ada baiknya sahabat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, supaya setelah memakan mi pedas ini tidak ada efek yang dapat merugikan sahabat korsel.

7. Ramyeon


Sumber gambar : seouleats.com


Kita mungkin sudah sangat familiar terhadap ramen. Ramen adalah mi asal Jepang yang menjadi makanan favorit bagi tokoh anime Naruto. Kalau dalam anime nya sih ramen ini sudah seperti nasi bagi Naruto, setiap hari Naruto pasti akan menyantap ramen di kedai ramen langganannya.

Ternyata di Korea Selatan ada loh mi instan kuah yang mirip ramen, namanya adalah ramyeon. Ramyeon merupakan mi kuah asal Korea Selatan yang memiliki rasa cukup pedas. Rasa yang pedas ditambah dengan kuah dari mi nya yang panas tentu akan sukses membuat kita agak kelabakan memakannya ya hehehe.

Ramyeon biasanya di santap dengan kimchi kering. Penasaran dengan rasa ramyeon? Silahkan di coba hehehe.

8. Bibimbap


Sumber gambar : thepioneerwoman.com


Makanan khas Korea Selatan selanjutnya adalah bibimbap. Bibimbap itu sendiri memiliki arti nasi campur. Sesuai namanya, bibimbap ini merupakan nasi yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk dan sayuran dalam satu mangkuk.

Cara memakan bibimbap ini dengan diaduk, tetapi saat baru di hidangkan bibimbap masih tersusun dengan rapih dan cantik. Lauk yang ada pada bibimbap itu sendiri terdiri dari daging, telur, tahu, dan berbagai jenis sayuran. Soal gizi dan vitamin ya jangan ditanyakan lagi deh hehehe.

9. Nurungji


Sumber gambar : instructables.com


Nurungji adalah kerak nasi atau nasi sisa yang menempel di panci penanak nasi atau gamasot. Orang Korea Selatan biasanya akan menjadikan nurungji sebagai camilan. Memiliki warna kekuning-kuningan dengan rasa yang agak sedikit gosong membuat nurungji sangat di gemari dan terkesan unik.

10. Sannakji


Sumber gambar : atlasobscura.com


Sannakji adalah sajian gurita mentah khas Korea Selatan. Kuliner tersebut terkenal cukup ekstrim loh sahabat, bagaimana tidak? Cara penyajiannya hanya dengan memotong-motong gurita hidup, di kasih minyak, biji wijen, dan langsung di sajikan.

Oleh karena gurita tersebut masih hidup, jadi tentakelnya itu kadang masih menggeliat-geliat. Kalau saya sih tidak berani makan sannakji, bagaimana dengan sahabat korsel? Berani kah?. Meski terlihat aneh dan ekstrim, bagi orang Korea sannakji adalah makanan yang sangat enak dan lezat loh.

Saya sulit membayangkan bagaimana tentakel gurita tersebut masih bergerak-gerak di mulut saya ketika saya kunyah. Duhhh ngeri ya hehehe.

Itulah beberapa makanan khas asal Korea Selatan. Dari 10 makanan khas Korea diatas, sahabat korsel lebih tertarik dengan yang mana nih?. Kalau saya sih tertarik banget sama bibimbap.

Oke mungkin segitu saja untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Komentar