15 Istilah Dalam Kpop, Kpopers Wajib Tahu!

Hai sahabat korsel, apakabar kalian semua? saya harap sahabat sedang dalam keadaan yang baik-baik saja ya. Sahabat sudah pasti tahu kan apa itu kpop?. Sekadar mengingatkan, jadi kpop itu merupakan singkatan dari Korean pop atau sebuah musik pop yang berasal dari negara Korea Selatan.

Demam kpop tidak hanya terasa di negara kita saja sahabat, melainkan di negara-negara lain musik pop dari Korea Selatan ini juga banyak di gemari loh. Para penggemar atau fans musik pop Korea Selatan ini menamai mereka sebagai kpopers.



Kpopers ini cenderung sangat fanatik dengan orang yang mereka idolakan, bahkan di negara asalnya yaitu Korea Selatan, banyak kpopers yang rela melakukan apa saja untuk orang yang ia idolakan tersebut.

Terlepas dari itu, sebenarnya menjadi seorang kpopers itu seru juga loh. Apakah sahabat memiliki teman seorang kpopers? dan ketika ia bersama teman kpopers lainnya mengobrol, apakah ada istilah-istilah yang mereka ucapkan dan itu terdengar asing bagi sahabat?.

Yap, itu karena di dalam kpop terdapat kata-kata yang mungkin orang biasa tidak mengerti, dan hanya seorang kpopers lah yang tahu. Bahkan jika ada seorang kpopers yang tidak tahu arti dari kata-kata tersebut rasanya agak aneh gitu hehehe. Berikut ini adalah istilah-istilah dalam kpop yang sering di ucapkan kpopers.

1. Aegyo

Aegyo ini dapat diartikan sebagai tindakan atau gestur tubuh lucu dan imut yang ditunjukkan para idol. Mungkin sahabat yang suka melihat girlgrup atau boygrup di youtube atau dimanapun itu, pasti sahabat pernah melihat salah satu dari mereka bertingkah lucu gitu kan?. Nah itulah yang di sebut dengan aegyo.

Biasanya tingkah seperti itu mereka lakukan agar menarik perhatian para penggemarnya.

2. Fandom

Fandom ini singkatan dari fans kingdom dan sebenarnya memiliki arti yang sama dengan fansclub. Dimana jika seseorang telah menjadi public figure pasti ia memiliki penggemar dan setiap masing-masing public figure memiliki sebutan penggemar yang berbeda. Contoh fans dari grupband Ungu bernama Cliquers.

Sebutan fandom ini hanya ada di Korea loh sahabat dan setiap nama fandom memiliki arti dan makna yang keren-keren loh. Contoh fandom itu seperti E.L.F (Everlasting Friends), merupakan nama fandom dari boygrup Superjunior yang memiliki arti "teman selamanya".

3. Bias

Bias ini memiliki arti yang agak mirip dengan fandom, namun bias sifatnya agak mengerucut saja. Dimana fandom itu di tujukan kepada girlgrup atau boygrup yang di gemari, sedangkan bias ini lebih kepada individu yang di "jagokan" lah istilahnya.

Misalnya dalam Superjunior, si A suka atau menjagokan Lee Teuk. Nah, itu berarti bias nya si A adalah Lee Teuk.

4. Leader

Buat sahabat yang bukan seorang kpopers saya rasa sudah pernah dengar atau tidak asing lagi dengan kata leader dalam sebuah girlgrup atau boygrup. 

Dalam sebuah grup kpop, leader itu merupakan seorang pemimpin yang ada dalam sebuah girlgrup atau boygrup tersebut. Sebagai contoh, leader dari boygrup Superjunior bernama Lee Teuk.

Leader itu sendiri di pilih oleh agensi, lalu apa sih syarat untuk menjadi seorang leader dalam grup kpop?. Biasanya, seorang leader dalam grup kpop itu dipilih berdasarkan umur (yang paling tua), lamanya ia menjalani masa trainee, atau seseorang yang memang memiliki jiwa pemimpin di dalam dirinya.

Sama seperti leader pada umumnya,leader grup kpop itu ada agar dapat mengkoordinir para member grup. Agar mereka semua lebih semangat, lebih kompak, dan juga lebih dekat antara satu dengan yang lainnya.

5. Maknae

Dalam kpop, maknae itu memiliki arti sebagai seseorang yang paling muda dalam sebuah grup atau kelompok.

6. Sunbae

Dalam kpop ada istilah sunbae nih sahabat. Nah, apakah arti sunbae? sunbae itu artinya adalah senior. Oleh karena di Korea memiliki tingkat kesopanan yang sangat tinggi, maka istilah ini pun sering digunakan oleh mereka yang masih pemula (junior) kepada senior mereka.

7. Hoobae

Sebelumnya ada kata sunbae yang ditujukan kepada senior. Nah, kata hoobae ini merupakan kebalikan dari kata sunbae sahabat. Yap, kata hoobae ini ditujukan kepada seorang junior.

8. Sasaeng

Dalam kebudayaan Korea, sasaeng ini memiliki arti sebagai penggemar atau fans yang sangat-sangat terobsesi pada idola mereka. Kalau bisa di bilang sih, sasaeng ini merupakan fans garis keras yang menurut saya sih tidak bagus juga.

Kenapa tidak bagus? karena kebanyakan dari sasaeng ini berani melakukan tindakan-tindakan ekstrim kepada idolanya. Contohnya seperti menculik idolanya, mengirimi surat dari darah menstruasi, menyentuh bagian tubuh pribadi dari sang idola, dan bahkan ada sasaeng yang sampai menyebabkan kecelakaan sang idola tersebut.

Waduhhh ngeri juga ya sahabat si sasaeng ini.

9. Fanchant

Pernahkah sahabat menyaksikan sebuah pertandingan sepakbola, baik itu di televisi maupun di stadion sepakbola secara langsung?. Jika pernah, sahabat pasti sering mendengar nyanyian atau yel-yel yang dilakukan para penggemar suatu klub sepakbola bukan?.

Dalam kpop, hal seperti itu disebut sebagai fanchant. Fanchant dilakukan para fans atau kpopers yang memiliki tujuan agar para idol mereka lebih bersemangat ketika tampil, lebih merasa dicintai, dan juga untuk menunjukkan kekompakan dari fans itu sendiri.

10. Rookie

Dalam dunia hiburan di Korea Selatan banyak sekali pendatang baru yang hadir di setiap tahunnya loh. Nah, pendatang baru dalam dunia hiburan Korea Selatan itu diberi julukan sebagai rookie.

11. Trainee

Istilah kpop yang berikutnya adalah trainee. Yap, tadi saya sudah menyinggung sedikit tentang istilah yang satu ini. 

Trainee itu sendiri artinya pelatihan yang di jalani oleh calon idol. Pada masa trainee ini calon idol akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi, menari, dan juga akting mereka sebelum menjadi seorang idol.

Trainee ini bukan sembarang latihan loh sahabat. Untuk menghasilkan idol yang bertalenta, biasanya trainee ini bisa dilaksanakan sampai bertahun-tahun lamanya. Bahkan ada idol yang menjalani trainee selama 10 tahun lamanya loh.

12. Comeback

Comeback ini adalah istilah dimana para idol grup kembali memunculkan karya baru mereka. Di masa ini girlgrup maupun boygrup akan aktif di berbagai acara televisi dan konser untuk mempromosikan karya baru mereka tersebut.

13. All Kill

Jika comeback adalah kembalinya para idol grup ke dunia industri untuk mempromosikan karya baru mereka, all kill ini adalah prestasi atau hasil terbaik dari hari pertama perilisan lagu atau karya baru mereka itu.

Jika pada hari pertama perilisan sebuah lagu dari girlgrup atau boygrup mereka dapat memuncaki posisi pertama di semua tangga lagu Korea Selatan itu disebut dengan all kill.

14. Chaebol

Chaebol merupakan sebuah istilah yang digunakan para fans untuk menyebut idol yang berasal dari keluarga yang sangat-sangat kaya di Korea Selatan.

Dalam boygrup Superjunior juga memiliki seorang chaebol loh sahabat. Mungkin sahabat sudah tahu siapa orangnya, yap dia lah Siwon.

15. Debut

Debut merupakan impian dari para calon idol yang ada di Korea Selatan. Karena dengan debut itu berarti latihan bertahun-tahun yang telah mereka lakukan itu tidak sia-sia dan akhirnya mereka dapat membuat karya mereka sendiri.

Nah itulah istilah-istilah dalam kpop. Diantara ke 15 istilah itu, kira-kira yang sudah sering sahabat dengar yang mana nih?.

Komentar

  1. yang saya tau istilah leader doank.. dan itu pun karena temen ada yang suka kpop.. kalau saya emang kurang si kak.. yang seneng temen2 saya tu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya sepertinya leader memang istilah yang udah umum banget ya

      Hapus

Posting Komentar